tulisan ini terwujud untuk menjawab sebuah pertanyaan, seperti di judul tulisan ini, tadi pagi saat sedang berada di kelas tiba-tiba teman saya bertanya “opo sih artine asolole..?” spontan ada salah satu teman yang menjawab seperti ini “anak informatika masak gak tahu artinya ‘asolole’ sih” , “browsing di google ajah” lanjutnya untuk menguatkan jawabannya bahwa keberadaan google di indonesia memang seharusnya kita manfaatkan dengan maksimal termasuk kata ‘asolole’ yang asing ini.

sebenarnya aku sendiri juga belum lama mengenal atau mendengar kata ‘asolole’ ini, sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu begitu banyak tertulis di status Fb teman2 saya tulisan asing ini “asolole icik-icik” begitulah kurang lebih isi status teman2 Fb saya yang notabene mereka adalah anak2 SMA di kecamatan saya. saya sendiri sempat mengartikan sendiri kata ‘asolole’ ini dengan konotasi negatif menurut prediksi saya waktu itu kata ‘asolole’ merupakan gabungan dari kata ‘asu’ , ‘lho’ dan ‘le’.

‘asu’ berarti anjing, ‘lho’ berarti kamu, dan ‘le’ berarti sebutan untuk anak laki laki yang lebih muda. sehingga bila di gabung menjadi kata ‘asolhole’ dan untuk memudahkan penyebutan maka di ubah menjadi ‘asolole’ dan ternyata prediksiku ini meleset. bahkan tak cuma saya, tadi saat searching di google tentang arti kata ‘asolole’ saya mendapatkan sebuah artikel dari agussiswoyo.net yang lebih parah memprediksikan kata ‘asolole’ ini berikut petikan tulisannya “Kalau menurut prediksi saya, kata assolole berkonotasi negatif. Kata ini berasal dari gabungan dua kata bahasa Inggris, yaitu ass dan hole. Tapi karena diucapkan pakai lidah Jawa jadinya ya gitu. Sesuai definisinya, kata ini berarti alat kelamin wanita. What? Mungkin saja mereka buat istilah karena habis buka situs XXX di internet.” 

Dan penasaran sayapun terjawab tatkala aku menghadiri acara pernikahan teman sedesa saya yang kebetulan disana menyajikan musik organ tunggal dan kebetulan pula salah satu penyanyinya menyanyikan lagu milik Eny Sagita yang berjudul Ngamen II. nah dari situ akhirnya saya tahu ternyata ‘asolole’ adalah sebuah lirik di di dalam lagu tersebut, untuk lebih jelasnya berikut ini lirik lengkap lagu tersebut :



tak sawang-sawang kowe ganteng tenan
rasane aku pengen kenalan
kenalan neng lesehan wonge ganteng 
nganggo klambi abang

yen ra kleru aku tahu ketemu
naliko kowe bareng ro kancamu
mlaku-mlaku karo guya guyu
ombenane es jus melon karo susu

saiki aku nembe ngrasakno
pacaran karo wong kertosono
gantenge koyok arjuno
esemane koyo raden gatutkoco

senadyan awaku kebak tatoan roto tenan
nanging aku isih nduwe roso sopan
senadyan kupingku kebak tindikan
nanging aku calon jutawan

cah ngganteng ojo sumelang
melu aku tak jak ngamen neng prapatan
njaluk hp mesti keturutan
angger gelem ora mangan sangang wulan

kemudian jika mau lebih jelas mendengarkan lantunan lagu yang mengandung kata dengan banyak prediksi maupun pengertian negatif atau bahkan tidak tahu sama sekali arti dan maknanya ini, bisa di download disini,atau di sini dengan harapan  setelah mendengarkan lagu ini mungkin kita bisa tahu bahwa kata ‘asolole’ adalah sebuah kata seni yang tercipta ataupun di ciptakan oleh Orkes Melayu “SAGITA” sebuah Orkes melayu yang namanya akhir-akhir ini melambung karena kata ‘asolole’ khususnya di wilayah Jawa.

Akhir dari coretan ini aku berharap teman saya khususnya dan masyarakat pembaca blog ini pada umumnya sekiranya lebih tahu atau menjadi tahu akan apa sebenarnya kata ‘asolole’ ini. Bila ada kata-kata maupun isi tulisan yang kurang berkenan mohon di maafkan. wassalam

baca juga artikel tentang apa sih artinya kamseupay yang akhir2 jadi pembicaraan di berbagai media

~Nanang~